Jalan kaki memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Terkadang banyak orang yang enggan melakukannya dan memilih naik kendaraan meski lokasi tujuan cukup dekat.

Orang-orang tipe seperti ini disebut memiliki pola hidup sedentari, yakni cara hidup seseorang yang kurang aktif bergerak atau minim beraktivitas. Pola hidup ini biasanya mengarah kepada para pekerja kantoran yang sepanjang harinya dihabiskan dengan duduk di balik meja kerja.

Gaya hidup sedentari menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Banyak dari mereka yang menderita obesitas, diabetes hingga penyakit jantung dan stroke lantaran cenderung bermalas-malasan.

Apalagi jika gemar mengonsumsi makanan instan dan cepat saji, alias junk food. Daripada terus-menerus terjebak dengan jiwa malas bergerak yang berujung mengkhawatirkan, lebih baik bangkit dan berubah mulai dari sekarang.

Tak perlu gundah. Kamu hanya perlu berjalan kaki dengan rutin setiap harinya setidaknya 30 menit. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari jalan kaki.

Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari berjalan kaki.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menjalani program diet atau menurunkan berat badan, sepertinya Kamu perlu memetik manfaat dari berjalan kaki karena ini adalah pilihan termudah untuk dilakukan. Berjalan kaki termasuk dalam golongan olahraga yang dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin.

Hormon tersebut bertugas mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh.

Tentunya Kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam demi melakukan sedot lemak atau mengikuti membership gym jika dengan berjalan kaki saja dapat membantu membakar kalori dan lemak yang membandel.

Sebagai pemula, sebaiknya mencoba berjalan kaki selama 15 menit setiap hari dengan jarak sedang. Kemudian secara bertahap, Kamu bisa meningkatkan durasi dan juga jarak tempuhnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setidaknya 30 menit per hari secara rutin, atau lima kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung koroner hingga 19%.

Hal itu berhubungan dengan kebugaran kardiorespirasi yang berkaitan terhadap tekanan darah dan kesehatan jantung. Semakin rutin berjalan kaki, semakin tinggi pula tingkat kebugaran kardiorespirasinya.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat jalan kaki setiap hari dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke hingga 20-40%. Selain itu, penelitian lain juga mengungkapkan berjalan kaki selama 30 menit sehari akan terhindar dari penyakit kardiovaskular 30%.

Bukan hanya stroke dan penyakit jantung, manfaat jalan kaki juga berguna untuk menurunkan diabetes tipe 2 hingga 30%. Dengan berjalan kaki, Kamu bisa membuat otot bekerja lebih sehingga kemampuannya untuk menyerap glukosa semakin meningkat.

  1. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Salah satu kebiasaan buruk tetap kerap dilakukan oleh banyak orang adalah tidak melakukan aktivitas apa pun setelah mengonsumsi makan-makanan berat. Mereka kebanyakan hanya berdiam diri selepas makan, padahal itu berisiko menganggu kinerja sistem pencernaan Kamu.

Supaya saluran pencernaan bekerja dengan maksimal, Kamu hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Manfaat berjalan kaki setelah makan juga bertujuan menjaga kadar gula tetap stabil.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes dan Osteoporosis

Gaya hidup pasif atau kurang banyak bergerak bisa menambahkan pertumbuhan eksponensial dari salah satu penyakit kronis, yakni diabetes.

Kendati demikian, para ahli telah merekomendasikan setiap orang agar dapar rutin berjalan kaki sebanyak 5 ribu langkah sehari sebagai langkah pencegahan atau pengelolaan dari diabetes tipe dua.

Selain bermanfaat dalam mengontrol gula darah dan mencegah diabetes, kebiasaan berjalan kaki setiap hari juga dapat membantu memperkuat tulang sehingga akan mampu mengurangi risiko osteoporosis, radang sendi dan masalah sejenis terkait kesehatan tulang.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.