Kartu Kredit merupakan suatu hal yang umum dimiliki oleh masyarakat urban. Bahkan tak sedikit orang yang mempunyai hingga beberapa kartu kredit.

Dengan kartu kredit, kita tidak perlu repot-repot membawa banyak uang tunai di dompet. Bila ingin belanja, kita pun cukup menggesek kartu kredit.

Namun, bila tidak bijak dalam menggunakan kartu plastik ini, bisa-bisa kita akan kewalahan untuk membayar tagihan. Ujungnya tidak sedikit orang yang akhirnya justru terbelit utang karena tidak dapat mengelola penggunaan kartu kredit ini.

Sampai akhirnya, banyak orang yang berkeinginan untuk tidak berhubungan lagi dengan kartu kredit dan ingin menutupnya.

Nah apa saja yang perlu diperhatikan saat kita akan menutup kartu kredit? Ada 4 hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menutup kartu kredit.

  1. Point Reward yang Tertunda

Sebelum menutup akun kartu kredit jangan lupa untuk menebus point reward yang tertunda. Kartu kredit menawarkan poin imbalan yang dapat ditukarkan dengan cashback, diskon, kupon atau produk layanan yang ditawarkan oleh bank.

Terkadang banyak orang yang tidak memperhatikan berapa banyak poin hadiah yang mereka kumpulkan selama transaksi dalam tiap tahun. Jadi sebelum menutup kartu kredit, pastikan poin Kamu ditukarkan terlebih dahulu.

  1. Bayaran Iuran

Ketika Kamu menutup akun pastikan tidak ada iuran pada akun kartu kredit. Kamu tidak akan bisa menutup akun kartu kredit bila ada biaya yang tertunda.

Pihak penerbit kartu kredit juga akan menarik bunga dan denda keterlambatan pembayaran Kamu. Jadi perhatikan hal ini sebelum membuang kertu dan menutup akun Kamu.

  1. Pastikan Tidak Ada Instruksi Pembayaran Rutin

Pastikan bahwa di kartu kredit yang akan ditutup tidak ada instruksi untuk melakukan pembayaran reguler dari rekening mereka. Pembayaran ini mungkin untuk langganan online atau tagihan utilitas.

Sebelum menutup akun semua instruksi harus dibatalakan.

  1. Rasio Kredit

Kartu kredit yang bermasalah dalam pembayaran, bisa mengurangi skor rasio kredit Kamu. Rasio kredit menjadi salah satu unsur yang dipertimbangkan bank manakala Kamu akan mengajukan pinjaman ke bank tersebut.

Jadi pastikan semua kewajiban tagihan kartu kredit Kamu diselesaikan ya Sahabat MobilKu!

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.